Raditya Dika si Kambing Jantan (sebuah inspirasi)


……… “Gue pagi ini bangun terus gue mandi. Ke sekolah lagi. Males deh.” …….. (sumber : Blognya Dika) itu sebuah kalimat pertama (‘first sentences’) dari sebuah blog yang menurutnya sangat tidak menarik pembaca untuk meneruskan membaca isi postingan selanjutnya.——

Ya, siapa yang tak kenal Raditya Dika si Kambing Jantan yang populer lewat bukunya yang ternyata berasal dari blognya dan kemudian difilmkan dan dibintanginya sendiri. Sebenernya udah lama booming buku dan film berjudul “Kambing Jantan” ini dan sudah banyak yang kenal Dika dari mulai anak SD sampe Orang tua. Tapi bukan itu yang ingin dibahas disini, melainkan Semangat dia untuk terus menulis dan menulis hingga akhirnya sukses menjadi bintang dan dikenal banyak orang. Bahkan di usianya yang masih muda dia udah bisa dibilang SUKSES membiayai hidupnya.

Menurut Dika, ada tiga hal yang menjadi kunci sukses dalam menulis, yaitu;

1. First Sentences atau kalimat pertama yang menarik dan membuat penasaran pembaca sehingga ingin meneruskan membaca isi postingan kita. Tidak seperti kalimat pertama yang ditulis di atas. Si pembaca akan berfikir kalau isi tulisan selanjutnya adalah curhatan seorang ABG anak sekolah tentang kehidupan atau aktivitas harian pribadinya. Kita harus bisa menarik pembaca hanya lewat kalimat pertama tersebut dan membuat penasaran mereka untuk melanjutkan membacanya. Selanjutnya kita tinggal konsisten dengan kalimat-kalimat selanjutanya sampai akhir tulisan kita.

2. Tulisan Ekonomis maksudnya sedikit berhematlah dalam penggunaan kata atau kalimat. Sehingga kata & kalimat kita enak untuk diikuti oleh pembaca. Jangan mengulang hal-hal yang kurang perlu dan tidak pada tempatnya. Konsistensi bahasa juga sangat dibutuhkan untuk membuat tulisan kita lebih ekonomis.

3. Voice of Yours atau kata dan kalimat kita harus memiliki ‘Suara’ yang khas, sehingga orang yang membaca dan sering membaca tulisan kita bisa mengenali kita lewat tulisan yang terdiri dari kata dan kalimat. Sekalipun kita membuat tulisan di luar blog kita dan tanpa nama penulis, tapi pembaca akan mengenali siapa yang menulisnya.

selengkapnya silahkan baca di blognya

Itulah sebuah inspirasi buat kita para penulis blog (blogger) agar bisa terus menulis dan menulis tanpa berfikir “siapa yang akan baca tulisan kita?” atau “kampungan nggak sich tulisan kita?. Peduli amat, yang penting nulis dan nulis dengan tujuan yang  sesuai dengan keinginan kita. Misalnya tujuan kita membuat sebuah tutorial, tips & trik, atau hanya sekedar ingin membuat orang tertawa. Atau banyak lagi tujuan-tujuan lainnya yang positif dan bermanfaat bagi para pembaca. “Just keep writing” aja demi konsistensi ngeblog kita. Coba deh tanyain sama mereka para penulis terkenal yang ada di Indonesia, apa pernah mereka berhenti menulis hanya gara-gara ngerasa kalau tulisannya gak bakal ada yang ngebaca? dalam Film Kambing Jantan aja Dika sempet kaget ketika temen SDnya ternyata menjadi pembaca setia blognya (walaupun dia nemuin blog Kambing Jantan gara-gara mau nyari kambing buat Qurban heheheheh). Tapi itu membuktikan bahwa sebelumnya Dika gak pernah nyangka kalau blognya bisa dikenal dan dibaca orang (apalagi temen deket).

Nah dari ulasan ini (Maaf buat Dika karena gak minta izin dulu, tapi gak bermaksud jelek kok) mari kita petik sebuah pelajaran positif untuk pembelajaran para Blogger Indonesia khususnya, semangat dan terus semangat. Sering-seringlah berkunjung ke blog lain (bukan untuk COPAS) untuk menambah wawasan bahasa dan variasi tulisan serta tema postingan kita.

2 thoughts on “Raditya Dika si Kambing Jantan (sebuah inspirasi)

  1. ????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????????

Tinggalkan komentar